Event Hari Ini · Kalender Event · Event Gratis/Bayar · Update Lowongan Kerja · Liputan · Blog · Event Populer

Galang Dana Kegiatan Rapang Bulang, Roemah Langit Gelar Bazar dan Bincang Literasi

Bagikan

Makassar, www.makassarevent.com - Kemampuan untuk memahami keberagaman dari suatu bangsa merupakan kecakapan yang patut dimiliki oleh setiap individu di abad ke-21 ini. Pengetahuan tentang literasi ini penting diberikan di berbagai kalangan karena tidak hanya menyelamatkan dan mengembangkan pengetahuan, tetapi juga membangun identitas bangsa Indonesia di tengah masyarakat, seperti kegiatan yang dilakukan oleh Roemah Langit (RL).

Roemah Langit, menggelar acara Bazar dan Bincang Literasi, Rabu, 05 September 2018. Bazar dan Bincang literasi ini digelar di Cafe Mang Uwo Jl. RSI Faisal 12, Makassar dan menghadirkan penggiat literasi sebagai narasumber, diantaranya Irhyl R. Makkatutu (Penulis Buku Tetirah), Fachri Djaman (Pecandu Aksara), I' Makkacici (Penulis Buku Kata Rasa), dan Syamsul Alam (Penggiat Literasi Kec. Biringbulu, Gowa). Selain itu ada performance oleh Alif A. Putra, dan Bang O.

Menurut Anwar selaku ketua panitia, kegiatan ini dilakukan dalam rangka penggalangan donasi untuk kegiatan Festival Rapang Bulang.

"Bazar bukanlah hal yang baru dikalangan komunitas tetapi telah menjadi tradisi dalam setiap komunitas sebagai ajang dan ruang silaturahim.  Dan pada acara bazar kali ini kami kemas dengan bincang literasi untuk memberikan nuansa baru dan menarik pada acara ini," ujarnya

Dihadapan peserta bazar, Ririn selaku moderator dalam kegiatan ini membuka kegiatan dengan pemaparan tentang Roemah Langit, pembacaan puisi oleh Alif dan pemutaran video pembacaan puisi yang dilakukan salah satu siswa binaan Roemah Langit kemudian  dilanjutkan dengan bincang literasi.

Diskusi dimulai dengan pemaparan kak Irhyl yang mengatakan bahwa perlunya meningkatkan budaya literasi di kalangan masyarakat. Kemudian dilanjutkan dengan kak Fachri yang bercerita tentang mulailah menulis dengan menjadi citizen jurnalis, serta kak Ima dan kak Syamsul berbagi pengalaman tentang memulai dari hal-hal kecil untuk menulis dan daerah terpencil pun bukan suatu kendala untuk menerbitkan suatu karya.

Acara ini dihadiri oleh lintas komunitas dan ditutup dengan musikalisasi puisi karya Chairil Anwar oleh Bang O dan Kak Alif.

 

 

Kontributor Makassar Event
Sri Wahyuni Sam