Event Hari Ini · Kalender Event · Event Gratis/Bayar · Update Lowongan Kerja · Liputan · Blog · Event Populer

Peringati Hari Disabilitas, Mahasiswa KKN UNM Ini Gelar Diskusi Publik

Bagikan

Mahasiswa KKN-PPL Terpadu Angkatan XV memperingati Hari Disabilitas Internasional (HDI) tahun 2017, di aula Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Senin, (4/12).

Kegiatan yang dibuka oleh Bupati Jeneponto, Drs H. Iksan Iskandar, M.Si ini di hadiri oleh beberapa kepala dinas, diantaranya Kepala Dinas PMPTSP, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Kepala Bapeda, dan Kepala Dinas Kesehatan.

Kegiatan ini di mulai dengan sambutan angaru dan tari paduppa oleh mahasiswa KKN PPL Terpadu UNM angkatan XV tahun 2017, kemudian dilanjut dengan sambutan oleh Kepala PPDI dan Bupati sekaligus membuka acara kegiatan.

Disela-sela kegiatan Wakapolres Jeneponto membagikan SIM D kepada penyandang disabilitas. Kegiatan ini juga menampilkan bakat para penyandang disabilitas seperti bernyanyi dan berpuisi. Keseruan berlanjut ketika Bupati beserta jajaran dan para kepala dinas ikut “menyawer” kepada penyandang disabilitas tersebut.

Setelah itu dilanjutkan dengan diskusi publik yang turut menghadirkan Drs. Djoni Rosyidi, M.Pd, dosen Pendidikan Luar Biasa dan Drs. Nur Alam, M.Si, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, selaku narasumber dan di pandu oleh Hajra Niswati mahasiswa KKN PPL Terpadu UNM sebagai Moderator. Diskusi publik ini mengangkat tema “Implementasi UU No. 8 Tahun 2016, Pentingnya Pendidikan bagi ABK dalam Berkarya.”

Bupati Jeneponto mengatakan sangat mengapresiasi kegiatan mahasiswa KKN PPL Terpadu UNM ini sebagai bentuk kepedulian terhadap kaum disabilitas.

“Saya berharap kegiatan ini tidak hanya sekedar perayaan biasa tetapi bisa membawa dampak yang besar terhadap kaum disabilitas tersebut.”

Diapun menambahkan agar pemerintah setempat khususnya Dinas Koperasi untuk membantu kawan-kawan disabilitas untuk dapat memberikan bantuan dan bimbingan dalam berkoperasi. Senada dengan Bupati, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan juga sangat mengapresiasi kegiatan tersebut.

“Melalui kegiatan ini, selanjutnya dapat dengan sigap melihat kasus-kasus atau fenomena yang terjadi dalam masyarakat khususnya dalam bidang pendidikan, menemukan masalahnya dan mencari solusinya bersama-sama.”

Selain Bupati dan jajarannya, beberapa yang ikut meramaikan acara HDI tersebut antara lain dari pihak sekolah SLB N 1 Jeneponto, SLB N 2 Jeneponto, SLB Muhammadiyah Jeneponto, dan SLB Syahrial Al-Muadzir, dan masyarakat umum.

Abdul Salman selaku alumni program studi PLB memberikan apresiasi terhadap terlaksananya kegiatan yang tersebut “kegiatan aksi kampanye peringatan hari disabilitas kemarin adalah kerja keras untuk mematikan sitgma negatif atas pelabelan negatif buat disabilitas".

Aksi kampanye tersebut menurut saya tidak sekedar peringatan tapi bagian dari aksi nyata atas keresahan pegiat disabilitas (mahasiswa KKN Jeneponto) kurangnya perhatian stakeholder atas hak-hak disabilitas. Saya pribadi mengucapkan salut dan bangga atas aksi nyata ini, semoga kedepan variannya akan lebih berwarna”, kata Salman.

 

 

Citizen Jurnalis
Hajra Niswati
Mahasiswa KKN-PPL Terpadu UNM angkatan XV Kab. Jeneponto