Event Hari Ini · Kalender Event · Event Gratis/Bayar · Update Lowongan Kerja · Liputan · Blog · Event Populer

IFL Chapter Sulsel Gelar Pelantikan dan Dialog Kepemudaan, Ini Yang Dibahas!

Bagikan

Makassar, www.makassarevent.com - IFL atau Indonesian Future Leader merupakan organisasi non profit untuk pemuda pemudi yang ingin membuat impact positif dan perubahan signifikan untuk Indonesia. Minggu, (13/05/18) organisasi tsb mengadakan pelantikan pengurus baru periode 2018-2019 yang dirangkaikan dengan Dialog Kepemudaan "Kontribusiku Untuk Negeri" di Baruga Anging Mammiri, Makassar mulai pukul 09.00 WITA.

 

Dalam dialog kepemudaannya, ada 3 pemateri yang mengisi acara dan membahas mengenai kontribusi pemuda dan pemudi. Berikut penjelasan mereka :

1. Syamsul Risal Z (Duta Bahasa Sulsel 2017)
Menurut Syamsul, kontribusi itu adalah bagaimana teman-teman berupaya jadi diri sendiri untuk menginspirasi masyarakat. Ada 2 kata penggerak untuk pemuda yaitu Kritis dan Aksi. 

2. Furi Agustini (Vice President IFL Sulsel 2017-2018)
Menurut Furi, kontribusi itu adalah berbagi, memberikan sesuatu, memberi semangat dan kontribusi ikut menjadi relawan/ volunteer. Kontribusi tidak hanya membuat sebuah proyek di lapangan, namun banyak peluang yang bisa dilakukan dengan kontribusi kecil.

3. Muh. Sahlan Ramadhan Sholihin
Dari tema yang diangkat yaitu Kontribusi Untuk Negeri, yang singkatannya KUN berarti "Maka Jadilah". Menurut Sahlan, rumus dari kontribusi yaitu niat, semangat, taat dan dilakukan lalu berkeringat. Peran ini sangat penting bagi pemuda untuk berkontribusi untuk negeri. 

 

Selain itu diadakan pula pembahasan program kerja oleh IFL Sulsel yang terbagi menjadi 3 program, yaitu : 

1. Bidang Pendidikan yaitu Sekolah Binaan
2. Bidang Gender yaitu Mengadakan Penyuluhan, dan
3. Bidang Kesehatan 

Kemudian, IFL Sulsel juga mengadakan kegiatan School of Volunteer yang merupakan kegiatan kepemimpinan tingkat SMA di Sulsel dan ditargetkan di banyak sekolah. Adapun kegiatan pelatihan kepemimpinan oleh pemuda, akan diselenggarakan di DPR Provinsi.

Setiap tahun IFL membuka perekrutan untuk pemuda baru yang ingin bergabung di komunitas/ organisasi tersebut. Panitia melakukan progran kerja yaitu Indonesian Future Leader Conference sebelum membuka perekrutan untuk menyeleksi pemuda-pemuda yang telah berkontribusi dan disaring. Dimulai dari data diri, mengisi essai, dan proyek sosial yang telah dilakukan dan kegiatan tersebut telah dilaksanakan.

 

 

Kontributor Makassar Event
Sry Machyani