Event Hari Ini · Kalender Event · Event Gratis/Bayar · Update Lowongan Kerja · Liputan · Blog · Event Populer

Keren! Peacegeneration Indonesia Suarakan Perdamaian melalui Boardgame di Makassar

Bagikan

Makassar, www.makassarevent.com — Peacegeneration Indonesia bersama PPIM UIN Jakarta dan UNDP kembali mengadakan Boardgame For Peace 2.0 di Makassar dalam Program CONVEY 2 “Fostering Tolerant 

Religious Education to Prevent Violent Extremism in Indonesia”.

Boardgame for Peace 2.0 adalah program pencegahan radikalisme di kalangan anak muda untuk memperkuat narasi keagamaan damai di kalangan anak muda melalui media kreatif. Ini merupakan pagelaran yang kedua kalinya diadakan setelah BGFP 1.0 tahun lalu. 

Koordinator BGFP 2.0 Makassar, Akbar Musfatir mengatakan "Kini kami juga hadir dengan berbagai program, metode dan konsep menarik dalam upaya penyebaran 12 nilai perdamaian di Kota Makassar yah salah satunya BGFP 2.0 ini".

Survey yang dilakukan oleh Pusat 

Pengkajian Islam dan Masyarakat UIN Syarif Hidayatullah di 33 Provinsi di Indonesia tahun 2017 menemukan bahwa sebanyak 37,71% 1 siswa dan mahasiswa setuju bahwa teror bom bunuh diri adalah bagian dari jihad Islam. Peran pendidikan agama dan sekolah berbasis agama dinilai belum cukup untuk menanamkan narasi keagamaan yang inklusif dan toleran  bagi generasi muda.

Maka dari itu, BGFP 2.0 kali ini tetap menargetkan anak usia sekolah yaitu Siswa SMA dan Mahasiswa sebagai peserta sebab pencegahan aksi radikalisme harus dicegah sejak dini melalui generasi muda yang paling aktif di Indonesia.

"Hadirnya BGFP 2.0 ini sebagai salah satu upaya kami untuk memperkuat narasi keagamaan damai di kalangan anak muda melalui media kreatif dan menarik. Yah kami mengajak Siswa SMA dan Mahasiswa untuk turut bergabung yang mana dalam hal ini mereka adalah generasi yang banyak terlibat isu-isu intoleransi dan radikalisme" tutur Akbar.

Fenomena intoleransi dan aksi radikalisme dalam beberapa tahun terakhir semakin menguat. Aksi teror dan bom bunuh diri mengatasnamakan paham keagamaan mengejutkan masyarakat Indonesia. 

Harapannya kegiatan BGFP 2.0 mampu menjadi salah satu upaya menggaet dan menarik minat pemuda Makassar dalam menyampaikan 12 nilai perdamaian di lingkungan masing-masing.

"Kami percaya bahwa melalui boardgame dan media kreatif lainnya. Kita bisa menyebarkan dengan mudah nilai-nilai perdamaian minimal dengan bermain boardgame nya kita sudah menyebar senyum" tegas Akbar.

Kegiatan BGFP 2.0 tahun ini berbeda dengan sebelumnya, dimana kegiatan kali ini akan dilaksanakan sebanyak 4 kali di 3 bulan yang berbeda yakni September, Oktober dan November.

 

Kontributor Makassar Event

Akhmad Rezky Parawangsa